Bldaily.id. Anda meninggalkan rumah, menutup pintu dan, tiba-tiba, Anda menyadari bahwa ponsel pintar Anda tertinggal. Ini adalah perasaan frustasi! Gejala kurangnya perhatian, serta adanya momen pikiran kosong dan tidak konsentrasi, bukanlah bagian normal dari penuaan. Jika Anda menyadari bahwa Anda telah mulai jadi pelupa, sekarang saatnya untuk membangunkan otak Anda dan mencoba beberapa latihan yang dapat meningkatkan daya ingat Anda!

Latihan-latihan ini mudah, sehingga bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja, pilih saja yang paling nyaman dan mungkin untuk dilakukan!

1. Berganti tangan selama aktivitas sehari-hari

Photo by Phuong Tran on Unsplash

Pada umumnya seorang manusia, menggunakan hanya satu tangan yang dominan untuk melakukan sesuatu. Kali ini, cobalah ubah tangan Anda dari waktu ke waktu! Menggunakan tangan Anda yang berlawanan akan memperkuat koneksi saraf di otak Anda.

Misalnya saja jika Anda terbiasa menyikat gigi dengan tangan kanan, kali ini gunakanlah tangan kiri, awalnya mungkin cukup sulit, namun itu justru memacu otak Anda untuk bekerja, lakukanlah maka otak Anda akan terlatih.

2. Membaca dengan keras

Photo by Nguyễn Yến on Unsplash

Membaca dengan suara keras dapat meningkatkan memori Anda! Berbicara dan mendengar suara Anda sendiri ketika berbicara, bisa membantu otak menyimpan informasi dengan lebih baik.

Cara lain adalah gunakan buku rekaman audio, jenis bacaan seperti itu bisa melibatkan imajinasi dengan cara yang berbeda, dan merangsang bagian lain dari otak.

3. Makan dengan sumpit

Photo by diGital Sennin on Unsplash

Melibatkan area terkonsentrasi sel-sel saraf di ujung jari merangsang otak. Aktivitas dengan ujung jari, seperti penggunaan sumpit, membantu meningkatkan aktivitas otak Anda.

Jadi, sesekali gunakanlah sumpit untuk makan, memang tidak seperti menggunakan sendok yang lebih sederhana, menggunakan sumpit mungkin membutuhkan sedikit waktu untuk dikuasai,namun karena itu, otak Anda akan lebih terlatih.

4. Bau vanila saat bangun tidur

Photo by Roman Bintang on Unsplash

Banyak dari kita bangun di pagi hari dan minum kopi segar. Anda dapat mengubah rutinitas Anda yang biasa, dan memilih untuk bangun dengan aroma yang berbeda: baik aroma vanila atau mawar. Simpan ekstrak aroma favorit Anda selama seminggu dan buka ketika Anda bangun di pagi hari.

Latihan ini sangat mudah dan dijelaskan dalam buku Keep Your Brain Alive: 83 Latihan Neurobik untuk Membantu Mencegah Kehilangan Memori dan Meningkatkan Kebugaran Mental oleh Larry Katz dan Manning Rubin.

Ketika Anda mencium sesuatu yang baru di pagi hari, jalur saraf baru akan diaktifkan.

5. Gunakan penyumbat telinga di tengah rutinitas harian Anda

Larry Katz dan Manning Rubin juga menyarankan untuk menggunakan penyumbat telinga. Misalnya, Anda bisa melakukannya ketika bergabung bersama keluarga untuk sarapan. Alami dunia tanpa suara! Tetapi jangan lupa untuk memperingatkan orang di sekeliling Anda bahwa hari ini Anda sedang mencoba teknik baru.

Rutinitas pagi kita dapat membuat kita mendengarkan setengah, karena otak kita memiliki ide yang cukup bagus tentang apa yang diharapkan. Blokir jalur sensor Anda menggunakan penyumbat telinga dan gunakan cara lain untuk melakukan tugas-tugas sederhana seperti makan atau minum kopi.

6. Remas kepalan tangan Anda

Photo by Luis Quintero on Unsplash

Psikolog Amerika mengatakan bahwa mengepalkan tangan kanan selama 90 detik membantu pembentukan memori. Gerakan yang sama di tangan kiri dapat meningkatkan pemulihan memori.

Kesimpulan ini dibuat setelah percobaan dengan 50 orang dewasa yang berkinerja lebih baik dengan mengingat kata-kata dari daftar panjang sambil mengepalkan tangan mereka.

7. Tinggikan detak jantung Anda 3 kali per minggu

Photo by Artur Łuczka on Unsplash

Tingkatkan detak jantung Anda 3 kali seminggu selama 20 menit. Anda dapat melakukannya hanya dengan berjalan kaki di pagi hari.

Otak Anda akan penuh dengan oksigen dan Anda akan membantunya mengembangkan sel-sel baru. Itulah sebabnya latihan aerobik sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental.

8. Buat gambar kata dan teka-teki dengan mereka

Photo by Moritz Mentges on Unsplash

Ambil kata apa saja yang Anda suka dan mulai visualisasikan ejaannya di kepala. Setelah Anda selesai melakukan ini, pikirkan kata-kata lain yang dimulai atau diakhiri dengan 2 huruf yang sama dengan kata sebelumnya. Jenis teka-teki ini menjaga otak Anda tetap aktif dan tajam.

9. Buka jendela saat mengemudi

Photo by William Bout on Unsplash

Mengemudi dalam keheningan bisa sangat santai, tetapi jika cuaca di luar sempurna, bukalah jendela mobil Anda! Cium hujan segar, dengarkan nyanyian burung dan sebagainya.

Otak Anda akan segera mulai membuat asosiasi antara gambar, suara, dan aroma yang Anda perhatikan.

10. Lakukan latihan observasi dari 4 detail

Berlatih saat Anda jauh dari rumah! Hafalkan 4 detail dari orang-orang yang ada di depan umum. Misalnya, perhatikan warna rambut mereka, jenis sepatu yang mereka kenakan atau bau mereka.

Faktanya, kita telah mencapai titik di mana kita sering tidak menerima informasi yang harus dihafal otak kita, saat kita datan ke sebuah tempat, kita melihat orang-orang di sana, namun sekilas saja, kita langsung lupa.

Tapi hal itu bisa diatasi. Saat duduk di kafe, pilih seseorang dan gambarkan dengan detail di kepala Anda.

Mungkin Anda merasa, seolah Anda sedang menjadi agen pengintai, namun memang, hal-hal seperti itu dapat meningkatkan konsentrasi dan ketajaman otak Anda.

Latihan apa yang akan Anda praktikkan pertama kali? Apakah Anda memiliki saran efektif Anda sendiri tentang cara memperkuat daya ingat? Silakan berbagi dengan kami di bagian komentar!

Video Rekomendasi

Rahasia Orang-Orang Rusia, Menemukan Kedamaian di Tengah Hiruk Pikuk Kehidupan

Rahasia Orang-Orang Rusia, Menemukan Kedamaian di Tengah Hiruk Pikuk Kehidupan#FalunDafa #FalunGong #Rusia #sehat #bugar

Harian BLさんの投稿 2019年8月14日水曜日

Share

VIDEO POPULAR