Bldaily.id. Budaya yang berbeda memberikan makna simbolik yang berbeda untuk warna, dan mengetahui versi Tiongkok akan berguna jika Anda akan berkunjung ke Tiongkok ataupun akan menghadiri suatu upacara ala Tiongkok.

Budaya yang berbeda memberikan makna simbolik yang berbeda untuk warna. Sementara di Barat, mengenakan pakaian hitam dianggap ideal saat pemakaman, di negara-negara Timur justru adalah pakaian berwarna putih yang dikenakan pada acara-acara seperti itu.

Orang Tiongkok memiliki pandangan warna sendiri. Mengetahui makna dibalik warna menurut tradisi Tiongkkok, akan berguna jika Anda berencana untuk mengunjungi Tiongkok atau menghadiri upacara ala Tiongkok.

Merah

Satu warna yang menonjol di Tiongkok adalah merah. Di Barat, merah dipandang sebagai warna bahaya. Namun di Tiongkok, merah melambangkan kebahagiaan dan kegembiraan. Diyakini sebagai warna yang mendatangkan keberuntungan dan menangkal kejahatan.

Selama ulang tahun di usia-usia yang penting, telur berwarna merah diberikan. Anak-anak diberi amplop merah yang berisi uang selama Tahun Baru Imlek.

Sementara di Barat, penurunan harga saham ditunjukkan dengan warna merah, di Tiongkok, warna merah justru menunjukkan kenaikan harga.

Pentingnya warna merah di Tiongkok sangat terkenal sehingga perusahaan pemasaran sering mencoba memasukkan warna tersebut ke dalam materi iklan mereka.

Selama ulang tahun di usia-usia yang penting di Tiongkok, telur berwarna merah diberikan. (Gambar: via pixabay/ CC0 1.0)

Kuning
Selama Dinasti Han, para peramal percaya bahwa warna kuning melambangkan elemen Tanah dalam lima elemen. “Karena warna kuning berada di tengah-tengah lima elemen, warna itu dipandang sebagai warna netral dan yang pertama dari semua warna. Kuning juga dipandang sebagai warna yang paling mulia, warna untuk pakaian kaisar. Perdana menteri pengadilan pada waktu itu diberi ‘segel emas dengan pita sutra ungu.’ Itu adalah simbol kekuatan tertinggi di sebelah kaisar,” menurut Minghui.

Tiongkok kuno juga memiliki pepatah bahwa kuning menghasilkan yin dan yang, yang berarti bahwa warna itu membawa keseimbangan. Namun terlepas dari sejarah prestisiusnya, lebih baik tidak menyoroti hal-hal penting berwarna kuning di Tiongkok modern, karena warnanya sering dikaitkan dengan pornografi saat ini.

Tiongkok kuno juga memiliki pepatah bahwa kuning menghasilkan yin dan yang, yang berarti bahwa warna itu membawa keseimbangan. (Gambar: Screenshot / YouTube)

Putih

Putih secara tradisional mewakili elemen logam. “Putih melambangkan kesucian dan kepolosan dalam budaya Tiongkok. Sejalan dengan feng shui, bangau putih sering dianggap terbang tinggi di atas kota-kota Cina yang berdebu. Warnanya juga mewakili lambang kecantikan Tiongkok,” menurut Mabel Kwong.

Orang-orang Tiongkok mengasosiasikan warna putih dengan duka dan pemakaman. Saat ini, warna putih banyak digunakan dalam pemasaran barang-barang konsumsi seperti ponsel dan jam tangan. Warna itu juga merupakan warna yang populer ketika seseorang mencari dan berniat untuk membeli mobil. Namun, ingatlah untuk tidak memberi seseorang hadiah yang dibungkus kertas kado berwarna putih.

Saat kematian, orang-orang memberikan uang kepada pihak keluarga yang mengalami kematian, dengan dimasukkan ke dalam amplop putih.

Orang-orang Tiongkok mengasosiasikan warna putih dengan duka dan pemakaman. (Gambar: Screenshot / YouTube)

Hitam

Anehnya, elemen air tidak diwakili oleh warna biru di Tiongkok. Sebaliknya, warna hitamlah yang dikaitkan dengan unsur air dan melambangkan kehancuran, bencana, kesedihan, penderitaan, kejahatan, dan kekejaman. Mengenakan pakaian hitam saat pernikahan adalah hal yang dilarang keras di Tiongkok, dan pakaian-pakaian warna gelap juga disarankan untuk dihindari saat datang ke pernikahan.

Orang-orang Tiongkok di jaman kuno yang lebih menghargai warna hitam.

Warna hitam dikaitkan dengan unsur air dan melambangkan kehancuran, bencana, kesedihan, penderitaan, kejahatan, dan kekejaman. (Gambar: via pixabay/ CC0 1.0)

“Warna hitam dianggap sebagai warna surga di Yi Jing ( Kitab Perubahan ). Ungkapan ‘langit dan bumi hitam misterius’ berakar pada perasaan orang-orang kuno bahwa langit utara menunjukkan warna hitam misterius untuk waktu yang lama. Mereka berpikir bahwa Bintang Utara adalah tempat Tian Di (Kaisar Langit) berada. Karena itu, hitam dianggap sebagai raja dari semua warna di Tiongkok kuno,” menurut Gotheborg.

Biru

Biru berarti elemen kayu dan menandakan kemajuan, penyembuhan, dan keabadian. Biru juga melambangkan surga. Pada strukur bangunan “Kuil Surga” yang terkenal di Beijing, atapnya ditutupi warna biru. Itu juga dilihat sebagai rona maskulin. Karena biru tidak memiliki konotasi negatif yang ekstrem, biru digunakan secara bebas dalam pemasaran.

Biru berarti elemen kayu dan menandakan kemajuan, penyembuhan, dan keabadian. (Gambar: Screenshot/ YouTube)

itulah makna warna menurut tradisi Tiongkok, apakah Anda tahu, versi makna menurut tradisi lain? Silahkan bagikan dengan kami.

Sumber: Vision Times

Video Rekomendasi

Rumah Teh Korea Tradisional dengan Suara Hati

Rumah teh Korea tradisional, terdaftar sebagai 'Warisan Budaya Rakyat' Korea Selatan, bukan hanya indah dan melestarikan tradisi, namun juga membawa pesan penting untuk seluruh dunia.

Harian BLさんの投稿 2019年3月12日火曜日

Share

VIDEO POPULAR