- Harian BL - https://bldaily.id -

Imlek di Vihara Dharma Bhakti Jakarta, Lepaskan Burung Pipit

Saat tahun baru Imlek tiba, Vihara Dharma Bhakti selalu ramai. Vihara yang berlokasi di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat ini banyak dikunjungi orang.

Bukan saja mereka yang bermaksud beribadah, namun juga masyarakat yang ingin melihat tradisi Imlek di vihara itu.  

Tepat di hari Imlek, Selasa, 5 Februari 2019,   masyarakat datang dari kawasan sekitar Jakarta. Vihara yang pernah terbakar pada 2015 silam itu, juga dihadiri oleh  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Anies datang bersama kedua putranya. Dia sempat melepaskan burung pipit sebagai tradisi Imlek di vihara itu. Begitupun warga yang berdoa, beberapa melakukan hal yang sama.

Buang sial melepaskan burung pipit di Imlek di Vihara Dharma Bhakti. (foto bldaily)

Tradisi melepaskan burung pipit dimaknai sebagai tradisi membuang kesialan.

“Maksudnya untuk buang sial,” kata Koko berseragam merah, salah satu pengurus vihara.

Ada banyak lilin dan hio yang menyala sebagai sarana berdoa. Lilin beragam ukuran. Hio pun juga ada ragam ukuran. Dari yang kecil hingga ukuran lebih dari satu meter.

Imlek, diVihara Dharma Bhakti. (foto bldaily)

 

Selain burung pipit ada juga burung tekukur dan merpati. Tapi kulihat paling banyak yang diterbangkan adalah burung pipit.

Burung-burung itu bisa diperoleh dari para penjual yang ada di samping vihara. Burung pipit dijual Rp1.500 per ekor. Sedangkan burung tekukur dihargai  Rp25.000.  Gong Xi Fa Cai. (rp)