13 Mei 2019, menandakan 27 tahun Falun Dafa diperkenalkan ke publik. Falun Dafa adalah sebuah latihan olah jiwa raga yang damai, yang berasal dari Tiongkok, dan sekarang telah populer di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Bldaily.id. Juga disebut Falun Gong, latihan ini pertama kali diperkenalkan ke publik, oleh pendirinya, Tn. Li Hongzhi. Di negara asalnya, tidak lama setelah diperkenalkan, Falun Gong dengan cepat dilatih oleh ratusan juta orang dari berbagai profesi.

Latihan ini dikatakan telah mendatangkan peningkatan drastis terhadap kondisi fisik dan mental pada orang-orang yang berlatih. Lebih dari itu, latihan ini juga telah berkontribusi pada peningkatan moralitas, dan kemudian, pada keteraturan sosial masyarakat.

Falun Gong di seluruh dunia. (Foto: Minghui)

Tiongkok, sebelum tahun 1999…

Selama tahun-tahun sebelum tahun 1998, di sebuah desa kecil di Kota Heyuan. Komite Pertanian telah menanam buah-buahan di kebun seluas lebih dari 160 hektar.

Selama musim panen, hampir semua penduduk di sana mencuri buah-buahan tersebut, untuk dijual sendiri di pasar.
Untuk menghentikan hal ini, para petugas yang berhasil menangkap para pencuri akan mengarak dan mempertontonkan para pencuri itu ke sekeliling desa, namun bagaimanapun juga, hukuman itu hampir sama sekali tidak efektif.

Falun Gong di Guangzhou, Tiongkok. (Foto: Minghui)

Sampai akhirnya, di tahun 1998, ketika Falun Dafa menyebar ke desa kecil berpenduduk sekitar 300 orang itu. Ada sekitar 80 orang yang mulai berkultivasi Falun Dafa, dan pencurian mulai berhenti. Perubahan besar terlihat pada sekelompok orang yang berlatih Falun Gong, dan tanpa diduga juga telah membuat yang lain ikut berubah. Sejak saat itu, para penduduk desa tidak pernah lagi mencuri buah-buahan saat musim panen.

Pada musim dingin tahun itu, pejabat desa mengirim beberapa orang perwakilan untuk pergi ke Guangzhou, untuk menghadiri Konferensi Berbagi Pengalaman Falun Dafa, untuk membagikan kisah perubahan yang terjadi di desa mereka.

Para praktisi melakukan latihan di Stadion Shenzhen, Guangzhou. (Foto: Minghui)
Konferensi Berbagi Pengalaman Falun Dafa di Guangzhou, Tiongkok. (Foto: Minghui)

“Para praktisi Falun Dafa di Guangzhou tidak tahu tentang alasan dasar rasional, berasumsi bahwa sesuatu yang adalah milik bersama, boleh saja diambil. Jika saya tidak mengambilnya, nanti juga orang lain yang akan mengambil. Namun kini mereka tahu alasan rasional yang sesungguhnya, ‘Yang tidak kehilangan tidak akan memperoleh, jika ingin memperoleh harus kehilangan.'”

Seorang pejabat pemerintah di Zhejiang sangat tersentuh dan berkata,
“Falun Gong benar-benat baik; latihan ini bisa mendatangkan efek yang tidak bisa didatangkan oleh hukum. Saya juga harus membeli buku Falun Gong untuk dibaca.”

Pada tahun 1999. New York Times melaporkan bahwa, Li Qihua, seorang pensiunan jenderal yang berpengaruh dalam Tentara Pembebasan Rakyat, yang telah bergabung dengan tentara saat berusia 10 tahun, menulis sebuah artikel untuk memberi tahu orang-orang agar memiliki pandangan yang baik tentang latihan Falun Gong, “Cobalah untuk berlatih Falun Gong dengan serius, karena itu akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.”

Artikel dari Shenxin Times, dipublikasikan pada tanggal 31 Desember 1998. (Foto: Minghui)

Pandangan baru di Amerika Serikat

Pada tahun 1996, Tn. Li Hongzhi, pendiri Falun Dafa, datang ke Amerika Serikat untuk mengorganisir kelas Falun Gong pertama. Di tahun 1999, beberapa peneliti medis mengadakan survei kepada para praktisi Falun Gong dengan mengirimkan pertanyaan lewat email.

Dari 235 partisipan yang disurvei, 202 orang adalah orang Amerika, 32 orang Kanada, dan 1 orang dari negara lain.

Hasilnya menunjukkan bahwa dari 18 orang yang mengaku adalah perokok sebelum berlatih Falun Dafa, semuanya berhenti merokok tidak lama setelah mereka mulai berlatih. Dengan rata-rata waktu yang diperlukan sampai mereka berhenti merokok adalah 4,58 hari.

103 orang praktisi suka meminum alkohol sebelum berlatih, 100 orang dari mereka berhenti minum setelah mulai berlatih, 2 orang minum 2-3 kali lebih sedikit dalam sehari, dan 1 orang tidak menjawab.

Sebelum tahun 2000, sangat sulit menemukan orang Amerika yang menjalani kehidupan yang sibuk, berkumpul bersama dalam sebuah kelompok untuk bermeditasi dengan tenang di sebuah taman.

Namun hari ini, itu adalah pemandangan umum yang biasa terlihat di Amerika, dan itu adalah karena Falun Dafa. Menurut laporan, dari 50 negara bagian di Amerika Serikat, ada 21 negara bagian yang memiliki tempat latihan Falun Gong, tersedia untuk siapa saja di banyak taman umum.

Para praktisi Falun Gong di Battery Park, Manhattan, New York, tahun 2011. (Foto: Clearharmony)
Para praktisi Falun Gong di Central Park, Manhattan, 11 Mei 2014. (Foto: Dai Bing/ Epoch Times)
Falun Dafa di Amerika. (Foto: Minghui)
Falun Dafa di Amerika. (Foto: Minghui)
Para praktisi Falun Gong melakukan latihan gerakan di bagian barat U.S. Capitol, pada 20 Juni 2018. (Samira Bouaou/ The Epoch Times)

Hari ini

Pada tanggal 13 Mei setiap tahunnya, para praktisi Falun Gong di seluruh dunia mengadakan kegiatan umum untuk merayakan hari pengenalan latihan ini ke publik.

Kegiatan-kegiatan itu telah menarik lebih dan lebih banyak lagi perhatian dari masyarakat umum dan orang-orang di seluruh dunia.

Para praktisi merayakan Hari Falun Dafa Sedunia di Washington DC. (Foto: Minghui)
Para praktisi muda dari Sekolah Minghui menampilkan tarian kips di Washington DC. (Foto: Minghui)
Para praktisi berlatih bersama di Hermann Park untuk merayakan Hari Falun Dafa Sedunia di Houston. (Foto: Minghui)
John (kiri) mempelajari latihan ini dari seorang praktisi di Houston. (Foto: Minghui)
Seorang pejalan kaki yang sedang lewat, mampir untuk mempelajari meditasi duduk. (Foto: Minghui)
Kate Waterford, Wakil Presiden Amnesty International Australia, mengatakan bahwa banyak orang yang memberi perhatian pada penganiayaan yang terjadi di Tiongkok, dan mendoakan kebaikan untuk para praktisi. (Foto: Minghui)

Dan kontribusi dari latihan ini serta orang-orang yang berlatih, terhadap masyarakat telah sangat diakui dan dikenang oleh banyak negara bagian, para anggota kongres dan senator di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dll. Banyak walikota telah mengeluarkan pernyataan, mengenai tanggal 13 Mei sebagai ‘Hari Falun Dafa’ di wilayah mereka.

Ucapan selamat dari anggota dewan di Washington DC, Jack Evans. (Foto: The BL)
Sebuah pernyataan dari eksekutif wilayah Baltimore, John A. Olszewski, Jr. (Foto: The BL)

Dari Tiongkok Daratan, walaupun kondisi disana sulit, akibat penganiayaan terhadap Falun Gong yang masih sedang terus berlangsung hingga saat ini. Ribuan praktisi, mempertahankan keyakinan mereka, dengan berani menerobos sensor internet untuk mengirim kartu ucapan selamat kepada Guru, dalam perayaan Hari Falun Dafa Sedunia.

Semua mengekspresikan harapan mereka semoga penganiayaan terhadap Falun Gong akan segera dihentikan, dan latihan ini bisa segera dilatih secara bebas di Tiongkok Daratan, sama seperti di tempat-tempat lain di seluruh dunia. (Leata Grindberg/ LJ)

Sumber: thebl.com

Share

VIDEO POPULAR