Bldaily.id. Ada begitu banyak inisiatif luar biasa di seluruh dunia yang diambil orang-orang untuk menghentikan dampak buruk lingkungan yang kita miliki di planet ini, dari kepunahan hewan hingga polusi air dan udara, kita pasti telah membuat kekacauan besar di planet ini, dan penting untuk menemukan cara baru dan kreatif untuk menghentikan dan memulihkan kerusakan yang telah dilakukan. Jadi, tidak ada kejutan bahwa sekali seseorang datang dengan ide ramah lingkungan yang hebat, itu terserah untuk mendorong dan mendukungnya.

Suatu hari, pengusaha asal Kanada, Robert Bezeau, bosan dengan botol-botol plastik yang diletakkan di mana-mana sehingga ia memutuskan untuk menciptakan cara baru untuk menggunakannya kembali.


Jadi, dia pindah ke Bocas del Toro, Panama di mana dia mulai menciptakan Desa Botol Plastik. Tujuan utama desa ini adalah untuk mengurangi sampah plastik yang mencemari tempat pembuangan sampah kita dan menggunakan kembali plastik bekas ini dengan memasukkannya ke dalam konstruksi.


Dalam pesan publiknya, Robert menyatakan:

“Saya ingin dunia menyadari bahwa kita dapat menggunakan kembali botol plastik di banyak aplikasi lain seperti:

1. Insulasi rumah

2. Tempat penampungan sementara yang cepat setelah bencana

3. Bangunan untuk hewan di peternakan

4. Membangun kolam renang

5. tangki resapan air

6. tangki septik

7. Saluran air pertanian (drainase tanah)

8. Pembangunan gudang komersial

9. Lumbung

10. Jalan

Apa yang mungkin tidak terlihat begitu cantik selama konstruksi, sebenarnya tampak seperti rumah indah yang ingin kita tinggali

Tapi membangun rumah bukan satu-satunya hal yang diminati inisiatif ini, tujuan utama mereka adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang keadaan tragis planet kita dan pentingnya mengurangi limbah plastik. Situs web mereka juga menganalisis sejarah limbah plastik di seluruh dunia dan peristiwa apa sepanjang sejarah yang memiliki dampak terbesar pada pencemaran botol plastik yang saat ini kita hadapi.

Situs web mereka juga menawarkan beberapa foto sebelum dan sesudah rumah


Bahkan, semua orang bisa membeli sebidang tanah dan membangun rumah di pulau itu. Menurut situs web, biaya tanah sekitar $19.000 (Rp 270 juta) dan arsitek siap membangun rumah impian Anda di sana.

Dibutuhkan sekitar 14.000 botol plastik untuk membangun satu rumah 100 meter persegi di desa itu

“Kita akan hidup di dalam apa yang telah kita konsumsi dan buang, dan akan membangun kembali bahan-bahan tersebut menjadi residensi yang dibangun secara modern, penuh gaya, dan berkualitas. Rumah-rumah ini juga tahan gempa, dan suhunya sangat dingin, sehingga tidak perlu AC. Ini akan membantu dalam menghemat energi untuk The Village, yang merupakan lingkungan ramah matahari.

The Village juga menyatakan bahwa rumah-rumah itu hemat energi karena perbedaan suhu antara dinding luar dan bagian dalam rumah botol plastik adalah sekitar 35F lebih dingin, sehingga tidak perlu AC.

“Kerugian dari tinggal di sebuah pulau, adalah bahwa semua barang konsumen yang tiba oleh FERRY di pulau itu dikemas menjadi plastik. Barang dikonsumsi, dan kemasan plastik tetap terperangkap di pulau itu. PERNAHKAH ANDA MELIHAT PULANGNYA FERRY DENGAN PLASTIK?.”


“Pulau ini menerima lebih dari 100.000 pengunjung per tahun yang rata-rata menginap 5 hari. Jika setiap pengunjung hanya mengonsumsi dua minuman sehari, Anda memiliki 1 JUTA botol plastik yang tertinggal setahun di sebuah pulau kecil itu. ”


Desa plastik ini juga menawarkan masa tinggal di Kastil Plastik


Gagasan utama di balik kastil ini adalah untuk menginspirasi orang lain untuk memahami seberapa banyak plastik yang mengelilingi kita setiap hari, dan untuk mendorong orang-orang untuk menggunakan lebih sedikit plastik atau setidaknya menggunakan kembali secara sadar.


Butuh 2 tahun untuk menyelesaikan kastil ini, ia memiliki empat tingkat dan dibangun menggunakan 40.000 botol.


Ada dua kamar tamu di kastil ini dan satu suite kerajaan, ada juga bar makan serta ruang makan dan tingkat pertemuan dengan pemandangan yang fantastis.

Ada juga “penjara” botol plastik yang bisa Anda kunjungi dan pelajari sendiri tentang dampak buruk tindakan kita terhadap planet ini


Mengunjungi “penjara” ini bertujuan untuk mendorong orang-orang untuk membantu planet ini serta mendidik anak-anak muda tentang pentingnya masalah lingkungan.


Meskipun kejahatan terhadap planet ini akibat limbah botol plastik sangat nyata, The Dungeon adalah tempat liburan yang menyenangkan di mana seseorang dapat menjadi bagian dari solusi polusi dengan ‘memenjarakan diri sendiri’ atas kejahatan ini.

Castle Inspiration menawarkan kesempatan unik untuk tidur di sel penjara tempat Anda memiliki kuncinya. Menggabungkan kebutuhan untuk keberadaan yang lebih ramah lingkungan dengan sentuhan lucu pada konsekuensi tindakan seseorang. Menginap di The Dungeon menghadirkan kesempatan untuk menjadi lebih sadar akan masalah plastik yang berkembang sambil memiliki petualangan sekali seumur hidup.


Bahkan, ini bukan satu-satunya tempat orang-orang menggunakan botol plastik untuk tujuan yang baik

Sumber gambar: UNHCR

Menurut UNHCR, di gurun terpencil di barat daya Aljazair, seorang pengungsi muda mengisi botol-botol plastik bekas dan membangun tempat perlindungan yang lebih baik menahan iklim yang keras. Gagasan untuk menggunakan botol plastik sebagai bahan yang digunakan untuk konstruksi ini menyebar di seluruh dunia, karena tidak hanya murah tetapi juga memecahkan masalah polusi yang sangat besar.

Sumber:boredpanda

Share

VIDEO POPULAR