Beberapa alumni sekolah menengah mengunjungi guru mereka dan membagikan pengalaman hidup yang sangat buruk. Namun nasehat dari sang guru telah membuat mereka sadar!

Bldaily.id.  Beberapa orang alumni SMA bermaksud mengunjungi guru mereka, yaitu Tuan Lim.

Tuan Lim, sangat senang melihat mantan siswa-siswanya dan bertanya tentang kehidupan mereka. Para alumni itu berbagi kesulitan hidup mereka dengan Tuan Lim, di antaranya adalah stres kerja, masalah hidup, bisnis dan pendapatan yang kurang. Tuan Lim mendengar pengalaman mereka dengan senyuman.

Dia kemudian berjalan ke dapur dan mengeluarkan beberapa cangkir untuk diletakkan di atas meja.

Cangkir-cangkir ini memiliki bentuk dan pola yang berbeda, ada yang terbuat dari kaca, tanah liat dan plastik.
Ada yang bentuknya kelihatan mewah dan cantik, ada yang biasa dan tidak begitu menarik.

Tuan Lim berkata kepada para mantan siswanya sambil tersenyum: “Silahkan tuang air sendiri jika kalian merasa haus!”

Pelajar-pelajar itu sangat kehausan lalu mengambil cangkir masing-masing untuk minum air.

Setelah itu, Tuan Lim menunjukkan cangkir-cangkir yang tertinggal di atas meja dan berkata:
“Apakah kalian sadar bahwa kalian telah memilih cangkir-cangkir yang cantik? Hanya cangkir-cangkir plastik dan yang kurang menarik saja yang tidak kalian pilih?”

Tentu saja itu tidak aneh, siapapun akan lebih tertarik dengan cangkir yang cantik dan bentuknya menarik.

Tuan Lim terus berkata: “Inilah akar masalah dari kehidupan kalian! Yang kita butuhkan adalah air, bukan cangkir!
Tetapi kadang kita tidak sadar bahwa kita berpikir harus memiliki cangkir yang cantik untuk diisi, begitu juga dengan hal lain dalam kehidupan kita. Jika hidup kita ibarat air, maka pekerjaan, properti, jabatan juga seperti cangkir-cangkir tersebut.

Semua itu hanyalah alat untuk mengisi air, betapapun cantiknya atau bagaimanapun bentuknya, tidak akan mempengaruhi kualitas air. Jika hanya fokus pada bentuk cangkir, maka kita tidak akan bisa menikmati air di dalamnya. Jadi, bukankah ini akar masalah dalam kehidupan?”

Di dunia ini ada banyak hal yang penting, menyenangkan, indah, dan berharga, namun berapa banyak impian yang berkaitan dengan semua hal tersebut, yang bisa diwujudkan oleh seseorang? Oleh karena itu, daripada bertemu jalan buntu karena kesulitan yang ditemui saat mewujudkan keinginan, lebih baik manfaatkan waktu untuk berpikir sejenak.

Pikirkan sejenak untuk bagaimana menghargai apa yang ada dalam kehidupan kita. Perhatikan baik-baik, hargailah apa yang ada di sekitar kita, maka tidak perlu lagi kita resah dengan beragam hal yang sesungguhnya bukanlah yang terpenting.

Sumber: thebl.com

Share

VIDEO POPULAR