Deretan selebritis Indonesia memperingati International Women’s Day  atau Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada  tanggal 8 Maret 1907, dengan aksi perangi Kanker Serviks.

Tercatat beberapa nama selebritis yang popular di tanah air, diantaranya ada Luna Maya, Cinta Laura, Wulan Guritno,  Nagita Slavina,  Prilly Latuconsina,  Gisela Anastasia, Jessica Iskandar dan banyak lagi. Mereka serempak mencanangkan kampanye kanker serviks.

Para selebritis itu serentak mengunggah videogram di akun intagrams masing-masing bertema kanker serviks.  Hal itu sebagai respon fakta bahwa saat ini 50 perempuan Indonesia meninggal setiap hari karena kanker serviks dengan semangat IAm Truly Woman. Dengan semangat itu ingin menginpirasi perempuan Indonesia tentang peran besar mereka di kehidupan dan tergugah untuk melindungi diri dan menjaga kesehatannya melawan kanker serviks.

Luna Maya. (IG sosialitajakarta)

Aktris Luna Maya dalam video yang diungganya menampilkan Luna  yang terlihat cantik dalam balutan busana berwarna perak.

“Im trully women, menurut saya adalah pada saat perempuan produktif, sehat, positif dan juga smart pastinya harusnya komplet dalam satu paket itu. Kalau kita cuma pinter, cuma mandiri tapi kalau tidak sehat, saya rasa tidak trully,” kata Luna dalam video itu.

Dalam unggahannya itu Luna juga menyebut, fakta bahwa saat ini 50 perempuan Indonesia meninggal setiap hari karena kanker serviks. IAm Truly Woman ingin menginpirasi perempuan Indonesia tentang peran besar mereka di kehidupan dan tergugah untuk melindungi diri dan menjaga kesehatannya melawan kanker serviks. Hal senada disampaikan artis Cinta Laura di dalam video unggahanya di instagramnya.   

Mereka tergabung dalam 28 perempuan hebat Indonesia yang mengulurkan tangan untuk sebuah kampanye bertajuk Iam Trully Woman, yang dituangkan dalam sebuah instalasi foto kolaborasi antara Diera Bachir dan Koalisi  Indonesia Cegah Kanker Serviks. Diera Bachir adalah penggiat soal perempuan  dan seorang fotografer.

Seiring dengan aksi itu, digelar visualisasi inspirasi 28 perempuan IAm Truly Woman di Atrium Plaza Indonesia, Jakarta pada 8 maret hingga 15 Maret 2019.

Lalu apa itu Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day?

International Women’s Day diresmikan sebagai peringatan terhadap kasus yang terjadi 50 tahun yang lalu.

Dilansir dari Wikipedia.org, Temma Kaplan menyebutkan bahwa banyak orang Eropa yang percaya bahwa tanggal 8 Maret 1907 merupakan awal dari terbentuknya Hari Perempuan Internasional.

Peringatan Hari Perempuan Internasional juga dilakukan dengan cara berbeda oleh Google doodle pada hari Jumat 8 Maret 2019.   Saat membuka halaman Google doodle menampilkan 8 kata-kata penyemangat bagi para wanita di seluruh dunia. (bgx)

Share
Kategori: NASIONAL

VIDEO POPULAR