Oleh: Chen Jieyun

Di antara bintang film Hollywood, mungkin hanya sedikit orang yang bernasib seperti Keanu Reeves yang berturut-turut telah kehilangan orang yang dicintainya dalam hidupnya.

Meskipun serangkaian film seperti “The Matrix”, “Speed” dan “Jonh Wick” dan lain-lain membuatnya terkenal, namun hidupnya di luar film tragis.

Hebatnya, tragedi kehidupan yang menimpanya tidak menggerus misi bintang film yang kini berusia 55 tahun itu. Selama bertahun-tahun, Keanu telah melakukan yang terbaik untuk memberi kembali kepada masyarakat dan membantu orang lain. Dia mempunyai reputasi yang baik.

Ketika Keanu berusia 3 tahun, sang ayah meninggalkan rumah. Keanu mengatasi disleksia atau kesulitan membaca sendiri. Setelah berganti-ganti empat sekolah, akhirnya Keanu dapat menyelesaikan sekolah menengahnya.

Di masa mudanya, kawan terbaiknya meninggal karena overdosis. Saat sudah berumah tangga, sang istri terenggut nyawanya dalam sebuah kecelakaan mobil, setelah keguguran anak mereka.

Ketika hidup tampaknya semakin menjadi runyam, adik perempuan Kim Reeves yang sejak kecil hidup bersamanya, didiagnosis menderita leukemia.


Film terbaru Keanu Reeves ‘Replika’ adalah kegagalan box-office pertama tahun 2019. (Getty Images)

Keanu pernah mempertimbangkan berhenti bermain film demi merawat sang adik. Keanu juga pernah menyumbangkan 70% dari honor film ”The Matrix”-nya ke rumah sakit. Untungnya, saudara perempuannya telah pulih. Keanu akhirnya mendirikan Yayasan Kanker dan berharap dapat membantu lebih banyak pasien.

Ada banyak kisah yang menyejukkan hati tentang diri Keanu yang bisa ditemukan di internet. Salah satunya kenangan dari platform agregasi pengguna Reddit bo2dd2 yang mengatakan, “Pada akhir tahun 1990-an, saya baru saja lulus dari perguruan tinggi dan mendapatkan job sebagai asisten desainer peralatan di studio film “Chain Reaction”. Di Film tersebut Keanu berperan mendampingi aktor kawakan Morgan Freeman.

“Setiap hari dalam beberapa minggu sebelum penyelesaian shooting tahap pertama, Keanu mentraktir para pekerja dan pekerja yunior tak berpengalaman, termasuk saya untuk sarapan dan makan siang. Bekerjasama dengan Keanu, sungguh saya rasakan bahwa dia adalah orang yang sangat baik.”

“Sejak saat itu, saya telah bekerja di sekitar 30 studio dan tidak pernah lagi bertemu dengan aktor yang murah hati dan ramah seperti dirinya. Sebagian besar aktor yang saya lihat selalu mengganggap diri mereka lebih unggul daripada kami. Selain itu Keanu sangat mudah didekati, ia adalah orang yang mutlak baik hatinya.”

Meskipun ada ratusan kisah yang menyentuh tentang dirinya, Keanu bukan tipe orang yang terbiasa membuat sensasi murahan.

Dia sama sekali tidak membutuhkan orang lain memuji perbuatan baiknya, dukungan materiilnya yang low profile dalam membantu banyak rumah sakit anak-anak adalah sebuah bukti.

Menurut laporan media Amerika Serikat “Snopes”, pada 2009, Keanu memberitahu ‘Ladies Home Journal’.

“Saya memiliki yayasan swasta pribadi yang telah beroperasi selama 5 – 6 tahun dan mendukung beberapa rumah sakit anak dan penelitian penyakit kanker. Saya tidak suka menggunakan nama saya, biarkan saja yayasan melakukan pekerjaannya,” kata Keanu.

Selain itu, Keanu menyumbangkan dana untuk sebuah institusi karitatif untuk sumsum tulang belakang “SCORE”. Pada tahun 2008, Keanu muncul di acara TV “Stand Up to Cancer” dan menjawab telpon dari hotline para pemirsa.

Pada 22 Oktober 2016, Keanu Reeves berpartisipasi dalam kompetisi balap di Australia. (Quinn Rooney / Getty Images)

Tidak terlalu mengherankan ketika mendengar bahwa Keanu dengan low profile bermurah hati memberikan sebagian besar honor dari film trilogi “The Matrix“ kepada tim pakaian dan efek khusus.

Dalam film “The Devil’s Advocate (1997)” dan “The Replacements (2000)”, Keanu juga berinisiatif mengurangi gajinya sendiri, sehingga film tersebut mampu mengundang bintang besar Al Pacino dan Gene Hackman untuk bergabung.

“Saya tidak berpikir untuk mengaitkan kebahagiaan dengan uang,” kata Keanu.

Dalam sebuah wawancara dengan “The New York Post” pada tahun 2000, Keanu Reeves mengatakan bahwa dia selalu berharap, film dimana ia ikut berpartisipasi dapat menjadi film yang bagus.

“Saya sangat bersyukur atas beberapa keberhasilan yang telah kuraih, karena mereka telah menciptakan peluang lain. Yang saya pikirkan adalah, saya bisa bermain film lagi,” katanya.

Menurut laporan media hiburan “Collider”, Keanu telah mengkonfirmasi bahwa ia akan menyumbangkan suaranya dalam dubbing film kartun Keluarga Pixar “Toy Story 4”.

Susunan pengisi suara film itu sangat kuat. Banyak bintang-bintang berkelas terlibat, seperti Tim Allen, Joan Cusack dan Tom Hanks. Film itu akan dirilis pada 21 Juni tahun ini. (epochtimes/hui/whs/rp)

Share

VIDEO POPULAR