Bldaily.id. Lee Jun-fan (Tionghoa: 李振藩; 27 November 1940 – 20 Juli 1973), yang dikenal secara profesional sebagai Bruce Lee (Tionghoa: 李小龍), adalah aktor, sutradara, seniman bela diri Hong Kong-Amerika, instruktur seni bela diri, dan ahli filsafat. Dia adalah pendiri seni bela diri Jeet Kune Do, salah satu gaya wushu atau kung fu.

Lee adalah putra bintang opera Kanton Lee Hoi-chuen. Dia dianggap oleh komentator, kritikus, media, dan seniman bela diri lainnya sebagai salah satu seniman bela diri yang paling berpengaruh dan ikon budaya pop abad ke-20. Dia sering dipuji karena membantu mengubah cara orang Asia dipersembahkan dalam film-film Amerika.

Lee lahir di daerah Chinatown di San Francisco, California, pada 27 November 1940, dari orang tua dari Hong Kong, dan dibesarkan bersama keluarganya di Kowloon, Hong Kong. Dia diperkenalkan ke industri film oleh ayahnya dan muncul di beberapa film sebagai aktor cilik. Lee pindah ke Amerika Serikat pada usia 18 tahun untuk menerima pendidikan tinggi di Universitas Washington di Seattle, dan pada saat inilah ia mulai mengajar seni bela diri.

Film-filmnya yang diproduksi di Hong Kong dan Hollywood mengangkat film seni bela diri tradisional Hong Kong ke tingkat popularitas dan pengakuan baru, memicu gelombang minat dalam seni bela diri Tiongkok di Barat pada tahun 1970-an. Arah dan nada film-filmnya secara dramatis berubah dan mempengaruhi seni bela diri dan film seni bela diri di AS, Hong Kong, dan seluruh dunia.

Dia terkenal karena perannya dalam lima film panjang: Lo Wei’s The Big Boss (1971) dan Fist of Fury (1972); Way of the Dragon dari Golden Harvest (1972), disutradarai dan ditulis oleh Lee; Golden Harvest dan Warner Brothers ’Enter the Dragon (1973) dan The Game of Death (1978), keduanya disutradarai oleh Robert Clouse. Lee menjadi tokoh ikonik yang dikenal di seluruh dunia, khususnya di kalangan orang Tiongkok, berdasarkan penggambarannya tentang nasionalisme China dalam film-filmnya, dan di antara orang Asia-Amerika karena menentang stereotip yang terkait dengan pria Asia yang dikebiri.

Dia dilatih dalam seni Wing Chun dan kemudian menggabungkan pengaruhnya yang lain dari berbagai sumber menjadi semangat filosofi seni bela diri pribadinya, yang ia juluki Jeet Kune Do (Cara Mengepalkan Tinju). Lee memegang kewarganegaraan ganda di Hong Kong dan AS. [15] Dia meninggal di Kowloon Tong pada 20 Juli 1973, pada usia 32 tahun.

Sumber:youtube

Share

VIDEO POPULAR