Oleh: Lin Zhaogeng*

Pepatah mengatakan: ”Saluran Usus bergerak lancar, sekujur tubuh serasa ringan,” Meridian Usus Besar merupakan Meridian yang sangat penting diantara 12 Meridian pokok. Jika Meridian Usus Besar tidak lancar, dapat menimbulkan sakit gigi, bagian leher membengkak, sulit buang air besar (BAB) dan gejala lainnya.

5 Keuntungan Sering Menepuk Meridian Usus Besar  

Meridian Usus Besar selengkapnya disebut “Meridian Usus Besar Yangming Tangan.” Dia aktif pada jam 05:00~07:00, maksudnya adalah pada jam tersebut aktifitas Meridiannya paling aktif, jika melakukan BAB pada jam tersebut adalah paling bagus.

Perjalanan Meridian Usus Besar sebagai berikut: Dimulai dari ujung jari telunjuk sisi ibu jari, naik keatas terdapat titik Hegu, naik lagi dilipat siku terdapat titik Quchi, naik melewati persendian bahu ke bahu, naik lagi melalui leher ke titik Yingxiang yang terletak disamping hidung.

Kita dapat menepuk Meridian Usus Besar untuk melancarkan peredaran energi dan darah di Meridian.

Cara menepuknya adalah satu tangan (misalnya tangan kanan) menggenggam, dengan pusat genggaman ke arah dalam, menepuk/mengetuk dimulai dari ujung jari telunjuk tangan kiri, menelusuri saluran Meridian dari ujung jari telunjuk, naik kepersendian siku, naik lagi melewati persendian bahu, ke bahu, naik melewati leher, berakhir disamping hidung titik Yingxiang.

Berhubung titik Yingxiang berada di wajah, maka tepukan diganti memijat dengan ujung jari tangan.

Penepukan seperti ini dapat memperbaiki sirkulasi darah lokal, anti penuaan, terutama penuaan dileher.

5 Manfaat Menepuk Meridian Usus Besar

1. Melenyapkan jerawat dan melindungi kulit wajah. Peredaran Meridian Usus Besar tidak lancar akan mengakibatkan sulit BAB, sehingga mudah timbul jerawat.

2. Memperbaiki sirkulasi darah di bagian lokal, mencegah penuaan bagian leher (keriput).

3. Memperkuat fungsi Usus Besar, mencegah/mengatasi sulit BAB.

4. Mengatasi nyeri Bahu. Berhubung Meridian Usus Besar melewati lengan dan bahu, setelah ditepuk dapat memperbaiki sirkulasi darah di Bahu. Menggunakan kompres panas hasilnya akan lebih baik.

5. Mengatasi sakit gigi dan melindungi kesehatan gigi, ini dikarenakan Meridian Usus Besar yang ditepuk melewati gigi.

Menepuk Meridian terutama untuk melancarkan sirkulasinya. Jika sirkulasi di saluran Meridian Usus Besar berlangsung lancar, setiap hari BAB dan BAK (kecil) akan lancar, maka kesehatan tubuh sudah dikuasai 50%.

Tiga titik akupunktur penting pada saluran Meridian Usus Besar dimulai dari kiri atas searah jarum jam, yakni: titik Hegu, titik Quchi, jalur meridian usus besar dan Yingxiang. (di-suplai oleh: Tán gǔ lùn jīn huà zhōngyī)

3 Titik penting Meridian Usus Besar

Meridian Usus Besar mempunyai 20 titik Akupunktur (dua sisi tubuh menjadi berjumlah 40 titik) Diantaranya terdapat 3 titik terpenting:

• Titik Akupunktur Hegu 

Titik Hegu merupakan titik tolak penepukan meridian Usus Besar, tempat penyuplaian, tempat yang dilalui dan pemberhentian energi. Meridian Usus Besar melewati wajah dan bibir, penyakit diwajah dan mulut dapat diatasi dengan titik Hegu. Titik Hegu juga mempunyai fungsi melancarkan aktifitas Meridian dan menghilangkan rasa nyeri.

Pada zaman kuno maupun zaman kini, banyak orang berusia lanjut ketika mengalami nyeri kepala atau pusing, menekan titik Hegu yang terletak dipertemuan antara tulang telapak tangan ibu jari dan jari telunjuk.

Penelitian modern juga membuktikan banyak fungsi titik Hegu, fungsi terbaik adalah menghilangkan rasa nyeri, dan menusuk titik Hegu dapat menghasilkan interferon, sehingga dapat mengobati radang saluran nafas atas dan radang akibat terserang virus.

• Titik Quchi
Titik Quchi adalah titik tempat energi dan darah berkumpul, letaknya diujung garis lintang ketika siku dilipat. Berfungsi melenyapkan/menurunkan unsur panas pada Usus-Lambung, mengharmoniskan fungsi Usus Besar, mengatasi sulit BAB. Juga dapat melancarkan peredaran Meridian dan peredaran darah, dapat melenyapkan racun dalam darah serta menurunkan panas.

Selain itu, titik Quchi dapat memperbaiki penyakit pernafasan dan kulit, ini karena Meridian Usus Besar dan Meridian Paru memiliki hubungan erat, Paru menguasai keadaan kulit, sehingga menekan titik Quchi juga dapat mengatasi alergi hidung, Biduran, radang kulit dan lain-lain penyakit kulit.

• Titik Yingxiang
Titik Yingxiang juga sering digunakan, terletak didua sisi hidung, kita dapat menekannya dengan jari telunjuk/Ibu jari untuk mengatasi radang hidung alergi maupun kronis, atau sedang terserang Flu. Jika ditekan lebih keras masih kurang berhasil dapat ditusuk dengan jarum Akupunktur, pasti plong.

Siapa Saja Yang Tidak Cocok Untuk Ditepuk Meridian Usus Besarnya ?
Menepuk Meridian Usus Besar tidak perlu terlalu kuat, cukup dengan kekuatan sedang saja.

Penderita penyakit Hemofilia, Trombositopenia yang pembekuan darahnya lambat, atau sedang mengonsumsi obat berfungsi antikoagulan antara lain Aspirin, maka kekuatan menepuk jangan terlampau keras hingga menimbulkan kulit memar. (epochtimes/tys/whs/rp)

* Ketua Asosiasi Pengobatan Oriental Internasional

Share

VIDEO POPULAR