Dua hari lalu, sempat viral video tentang “air ambles” yakni air yang mengalir deras ke dalam lubang di sungai. Video berdurasi 1, 8 menit itu pun membuat bertanya-tanya. Benarkah kejadian itu?

Air sungai memang biasanya mengalir horizontal ke tempat yang lebih rendah. Tapi yang ini beda. Air mengalir vertikal dan masuk ke dalam tanah.

Kejadiannya di Desa Babadan, Kulon Pasar Giri Rejo Selomartani Sleman.

Awalnya diduga kemungkinan adanya lubang bawah tanah di sisi bendungan menyebabkan air masuk ke lubang itu.

Air ambles di Desa Babadan, Kulon Pasar Giri Rejo Selomartani Sleman. (twitternya @sutopo_PN)

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) melalui akun twitternya @sutopo_PN menjelaskan kejadian tersebut.

Penjelasan yang diposting pada Senin (11/2/2019) kemarin menjelaskan kejadian tersebut. Berikut isi tweetnya:

“Sudah tertangani. Air yang masuk ke dalam tanah di saluran irigasi/sungai disebabkan adanya kebocoran di cekdam tua di Sleman. Bukan karena sinkhole karena bukan daerah karts. Adanya lubang bocor di sisi cekdam menyebabkan aliran lewat lubang tersebut.”

Jadi jelaslah bahwa air yang masuk ke dalam tanah di saluran irigasi/ sungai disebabkan adanya kebocoran di cekdam tua di Sleman.

Bukan karena sinkhole karena bukan daerah karts. Adanya lubang bocor di sisi cekdam menyebabkan aliran lewat lubang tersebut. (bgx)

Share

VIDEO POPULAR