Bldaily.id. Kehancuran dari penutupan pemerintah federal telah menyakiti penduduk asli Amerika karena berkurangnya dana menghambat akses ke perawatan kesehatan dan layanan lainnya.

Rasa sakitnya sangat dalam di masyarakat suku dengan tingkat kemiskinan dan pengangguran yang tinggi, dimana satu orang menjadi tulang punggung keluarga besar.

Efeknya terasa sangat jauh.

Di New Mexico, seorang perwira polisi yang sendirian berpatroli di reservasi penduduk asli Amerika yang berukuran lebih besar daripada Houston, menanggapi beberapa kecelakaan mobil selama badai salju, panggilan darurat dan permintaan untuk pemeriksaan kesejahteraan.

Di tempat lain, program pemeliharaan jalan yang didanai pemerintah federal beroperasi dengan kru kerangka dan berjuang untuk menjaga jalan tetap bersih pada reservasi jarak jauh. Anggota suku mengatakan mereka tidak bisa mendapatkan rujukan untuk perawatan khusus dari Pelayanan Kesehatan Indian jika kondisinya tidak mengancam jiwa.

Suku asli Amerika sangat bergantung pada pendanaan yang dijamin oleh perjanjian dengan AS, tindakan Kongres dan perjanjian lainnya untuk keselamatan publik, layanan sosial, pendidikan dan perawatan kesehatan untuk anggota mereka. Karena penutupan, pejabat suku mengatakan beberapa program berada di ambang kehancuran dan yang lainnya bertahan dengan suku-suku yang mengisi kesenjangan pendanaan.

Sekitar 9.000 karyawan Pelayanan Kesehatan Indian, atau 60 persen, bekerja tanpa bayaran dan 35 persen bekerja dengan aliran dana yang tidak terpengaruh oleh penutupan, menurut rencana penutupan departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan. Itu termasuk staf yang memberikan perawatan langsung kepada pasien. Badan ini memberikan perawatan kesehatan kepada sekitar 2,2 juta penduduk asli Amerika dan penduduk asli Alaska.

Agensi mendapat uang dari Departemen Dalam Negeri, yang anggarannya dijebak oleh penutupan. Bagi banyak anggota suku, IHS adalah satu-satunya pilihan untuk perawatan kesehatan kecuali mereka ingin membayar sendiri atau memiliki asuransi lain. Manfaat di bawah program-program seperti Jaminan Sosial, Medicare dan Medicaid tidak terpengaruh oleh penutupan sebagian pemerintah.

Banyak pekerjaan administrasi di IHS terhenti, dan sementara sebagian besar tidak memiliki efek langsung pada pemberian perawatan kesehatan, beberapa pasien mengalami penundaan.

Ibu yang berusia 68 tahun, Clara Pratte menjalani operasi untuk menjernihkan penglihatan di salah satu matanya awal bulan ini, tetapi wanita Navajo itu tidak bisa mendapatkan rujukan dari IHS untuk kunjungan lanjutan setelah tekanan meningkat di matanya .

“Kami mengelola, tetapi ini adalah masalah kapan pemerintah akan dibuka kembali untuk dievaluasi oleh spesialis,” kata Pratte.

Di negara bagian Washington, Dewan Kesehatan Indian Seattle berencana untuk memotong layanan jika penutupan federal berlanjut lebih dari satu atau dua minggu. Program yang terancam punah termasuk pusat perawatan rawat inap untuk ketergantungan bahan kimia dan program pengobatan tradisional yang menggabungkan keringat, mendongeng dan drum untuk membantu orang dalam pemulihan, kata pejabat urusan pemerintah Aren Sparck.

Sekitar seperempat dari dana organisasi berasal dari IHS, katanya.

Juru bicara IHS Joshua Barnett mengatakan program kesehatan suku dan program di daerah perkotaan dapat terus beroperasi, tetapi badan tersebut tidak dapat mendanai mereka selama penutupan.

Para pemimpin organisasi penduduk asli Amerika menulis kepada Kongres pada hari Kamis yang menjelaskan dampak penghentian yang terjadi pada lingkungan mereka, termasuk pada pendidikan, program perumahan, kesejahteraan anak dan pembangunan ekonomi.

“Efek jangka panjang dari penutupan ini akan beriak di seluruh warga kami selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah pembukaan kembali pemerintah,” bunyi surat yang dirilis oleh Kongres Nasional Indian Amerika.

Michelle Begay dicabut pada akhir Desember dari pekerjaan administratifnya dengan IHS dan mengatakan dia tidak dapat mencari pekerjaan di bidang yang sama berdasarkan peraturan agensi.

Dia tidak tahu bagaimana dia akan membayar karcis parkir putrinya untuk kuliah atau tiket pesawat ke Chicago untuk melihat putranya lulus dari akademi Angkatan Laut bulan depan tanpa menggunakan tabungannya. Jika dia melakukannya, dia berisiko tidak mampu menutupi pembayaran rumahnya dan utilitas di luar Januari.

Begay juga telah mengajukan permohonan asuransi kesehatan melalui majikannya sebelum tahun baru untuk menghindari deductible tinggi pada rencana suaminya, tetapi dokumen tidak diproses karena penutupan. Dia baru-baru ini membayar $ 600 untuk diperiksa karena bronkitis tetapi tidak dapat menutupi biaya ketika dia terkena pertarungan kedua. Dia pergi ke klinik IHS setelah menelepon selama tiga hari untuk mendapatkan janji.

“Saya sangat beruntung, situasi saya dapat diobati,” katanya. “Paru-paruku tidak runtuh, itulah yang benar-benar mereka khawatirkan. Tapi, tetap saja, saya harus menunggu dua, hampir tiga hari untuk diperiksa. “

Agen federal lain yang melayani penduduk asli Amerika, Biro Urusan India A.S., diperkirakan akan mengirim hampir 2.300 dari sekitar 4.060 pekerjanya, sesuai dengan rencana darurat. Seorang juru bicara agensi tidak menanggapi pesan yang ditinggalkan oleh The Associated Press.

Sementara itu, komunitas suku berusaha membantu para pekerja cuti.

Mescalero Apache di selatan-tengah New Mexico menawarkan pekerjaan kepada orang-orang di kasino dan pondok ski. Perusahaan listrik Navajo Nation mengatakan akan bekerja dengan karyawan cuti yang berjuang untuk membayar tagihan mereka.

Dengan penutupan sekarang memasuki minggu ketiga, ketegangan pada suku-suku diduga meningkat.

Gabe Aguilar, wakil presiden Mescalero Apache, mengatakan badai musim dingin akhir Desember menimbun lebih dari tiga kaki salju di daerah pegunungan. BIA memimpin kepolisian di sana, meninggalkan banyak staf dan membatasi kemampuan untuk menanggapi panggilan, kata Aguilar.

Dalam satu contoh, seorang lelaki tua meminta polisi untuk memeriksanya karena mereka tidak bisa keluar dari jalan mereka sendiri, kata Aguilar. Pada saat pihak berwenang tiba di rumahnya, Aguilar mengatakan pria itu telah meninggal. Dia berhenti menyalahkan penutupan federal.

“Saya tidak ingin mengikuti kontes penunjuk jari karena saat ini, semua orang sedang berduka,” katanya. “Namun, itu terjadi, seorang penatua meninggal. Itu sulit, ini pekerjaan yang sulit dan saya tidak ingin mengatakan apa yang mungkin terjadi. “

Anggota Kongres yang demokratis, termasuk Senator Tom Udall dari New Mexico dan Rep. Sharice Davids dari Kansas, mengutip kematian pria itu sebagai contoh dampak yang dirasakan di seluruh Suku Indian.

“Setiap hari presiden terus memperlakukan kesehatan suku dan program keselamatan publik demi keuntungan politik yang membahayakan keluarga di seluruh Suku Indian,” kata Udall minggu ini di lantai Senat.

Javier Kinney, direktur eksekutif Suku Yurok di barat laut California, mengatakan bahwa suku tersebut didanai sekitar 90 persen melalui hibah federal dan memperluas anggarannya serta menggunakan cadangan keuangan untuk menyediakan layanan bagi 6.200 anggotanya. Dia mengatakan suku harus memotong jam kerja atau cuti mereka jika dana tidak segera dikembalikan.

“Demokrat dan Republik seharusnya tidak melihat ini sebagai masalah partisan dalam hal hubungan suku atau urusan kesukuan,” katanya. “Itu hal yang tepat untuk dilakukan.”

Sumber:abcnews

Share

VIDEO POPULAR