Produk-produk makanan hewan buatan Tiongkok telah menyebabkan kematian banyak hewan peliharaan di Amerika.

Sebenarnya itu tidak mengherankan. Pasalnya di  Tiongkok, makanan manusia saja sering terkontaminasi, baik secara sengaja maupun tidak dapat dihindari sebagai akibat dari pencemaran lingkungan.

Apalagi Tiongkok tidak memiliki pengawasan pemerintah melalui peraturan keselamatan yang jelas terhadap produksi makanan hewan peliharaan yang dibuat di pabrik-pabrik mereka.

Nah, berikut ini jenis produk makanan hewan peliharaan dan ternak dari Tiongkok, yang harus diwaspadai. Jangan gunakan untuk hewan-hewan kesayangan Anda.

Cemilan Dendeng Beracun

Sejak tahun 2007 sampai tahun 2014, pengecer makanan hewan peliharaan utama PetSmart menerima lebih dari 4.800 pengaduan penyakit hewan peliharaan. Ada lebih dari 1.000 laporan kematian anjing. Itu terjadi setelah para pemiliknya yang tidak menaruh curiga memberinya makanan dendeng ayam, bebek, atau ubi jalar produk dari Tiongkok.

Dendeng Tiongkok dijual di pasar jalanan di Macao, Tiongkok Selatan. (Feifei Cui-Paoluzzo / Getty Images)

Pengecer makanan hewan tersebut akhirnya memutuskan untuk berhenti menjual semua makanan anjing dan kucing yang diimpor dari Tiongkok mulai Maret 2015 karena masalah keamanan yang berkelanjutan.

“Saya mengambil kantong cemilan dan membaliknya,” kata seorang pemilik anjing kepada ABC, setelah menemukan alasan kematian dua anjingnya.

Menurutnya awalnya dia melihat tertulis “Diproduksi di Carolina Selatan.” Dia pikir aman. Namun setelah melihat lebih teliti, ternyata berbunyi “Dibuat di Tiongkok!” 

U.S. Food and Drug Administration atau BPOM Amerika Serikat telah menerima keluhan tentang cemilan dendeng hewan peliharaan sejak tahun 2007.

Kulit Mentah Berbahaya

Banyak pemilik anjing tidak menyadari bahaya dari produk-produk kulit mentah.

Seekor anjing mengunyah makanan mentah. (Gambar CatLane / Getty)

“Kulit mentah sangat berbahaya dan mengejutkan bagi saya bahwa ini bukan pengetahuan umum,” kata Dr. Natasha Lilly, yang bekerja di Full Circle Veterinary Center di San Luis Obispo, California, seperti diberitakan oleh Chicago Sun Times.

Menurut Lilly, ternyata itu bukan ‘mentah’ tapi telah mengalami banyak pemrosesan dan penuh dengan bahan kimia. Bahan mentah itu tidak dapat dicerna sehingga dapat menyebabkan penyumbatan. Jika ada penyumbatan usus, maka diperlukan operasi darurat.

Kulit mentah diproses melalui larutan asam dan pemutih selama produksi Tiongkok. Peraturan-peraturan yang lemah di Tiongkok memperbesar risiko keracunan untuk anjing.

Para pendukung kesejahteraan hewan memperingatkan bahwa bahan kimia dalam produk-produk tersebut termasuk merkuri, arsenik, formaldehida, dan kromium.

Wadah-wadah merkuri, Almaden, Ciudad Real, Castilla la Mancha, Spanyol. (Santiago Urquijo / Getty Images)

Pakan Ternak  Beracun

Melamin, sebuah senyawa yang digunakan untuk membuat plastik, ternyata ditambahkan secara sistematis ke berbagai jenis pakan hewan di Tiongkok.

Ayam makan di kandang ayam. (Fernando Trabanco Fotografía / Getty Images)

Melamin pernah memicu kepanikan di seluruh Tiongkok setelah susu bubuk yang tercemar melamin mengakibatkan kematian setidaknya enam orang bayi dan membuat ratusan ribu bayi lainnya jatuh sakit.

Berbagai efek toksik dari menelan melamin telah diamati pada hewan, termasuk batu ginjal, peradangan ginjal kronis, dan kanker kandung kemih.

Li, seorang karyawan perusahaan pakan ternak Tiongkok, mengungkapkan dalam wawancara tahun 2008 dengan NTDTV bahwa melamin yang ditemukan dalam telur yang dijual untuk konsumsi manusia di Hong Kong berasal dari pakan ayam yang terkontaminasi.

Pakan babi dan sapi memiliki konsentrasi melamin paling tinggi, yang ditambahkan oleh perusahaan yang tidak bermoral untuk meningkatkan kandungan protein dan menghemat biaya yang diperlukan untuk membeli bahan-bahan yang lebih mahal.

Air minum babi di kandang babi. (Gambar Paul Zhang / Getty)

Menurut outlet media Tiongkok, Southern China Metropolitan, praktik mencampur pakan ternak dengan melamin dimulai setidaknya sepuluh tahun yang lalu. Akibatnya mempengaruhi setiap jenis pakan ternak seperti pakan sapi, pakan domba, pakan unggas, pakan babi dan bahkan pakan yang digunakan dalam industri peternakan ikan.

Makanan Basah Hewan Piaraan Beracun

Perusahaan-perusahaan Tiongkok menggunakan gluten gandum tercemar sebagai bahan makanan basah untuk hewan peliharaan.

Mangkuk makanan kucing. (Axel Bueckert / EyeEm)

 

Pada tahun 2008, sebanyak 16 anjing dan kucing terbunuh. Sementara ribuan lainnya jatuh sakit, yang mengarah pada salah satu penarikan kembali makanan hewan peliharaan dari peredaran terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Insiden itu telah melibatkan nama perusahaan-perusahaan besar seperti Procter & Gamble dan Menu Foods.

Khususnya pada tahun yang sama, produk-produk buatan Tiongkok lainnya termasuk mainan dan perhiasan untuk anak-anak juga ditarik.

“Seseorang harus bertanggung jawab,” kata William Howell seperti yang dilaporkan New York Times.

Howell adalah pemilik anjing jenis Japanese Spaniel yang menderita masalah-masalah ginjal dan setelah mengonsumsi makanan yang tercemar tersebut. Howell meminta rekannya melakukan eutanasia setelah dipaksa menyaksikan anjingnya menggeliat kesakitan selama berhari-hari.

Howell tidak tahu kalau  makanan basah yang dia beli untuk anjingnya itu akan mengakibatkan kematian. Kandungan melamin pada makanan itu, menjadi biang keroknya. (epochtimes/ran/rp)

Share

VIDEO POPULAR