Bldaily.id. Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa obesitas terkait dengan 12 jenis kanker yang berbeda — dan dengan mempertahankan berat badan yang sehat dan kebiasaan sehat, Anda dapat secara dramatis mengurangi risiko Anda.

Mempertahankan berat badan yang sehat — dan membuat pilihan gaya hidup cerdas lainnya, seperti termasuk membatasi daging olahan dan alkohol — dapat mengurangi risiko kanker hingga 40%, menurut laporan baru oleh World Cancer Research Fund (WCRF).

WCRF memperbarui rekomendasinya untuk pencegahan kanker setiap 10 tahun sekali. Pedoman baru, yang akan dipresentasikan minggu ini di Kongres Eropa tentang Obesitas di Wina, didasarkan pada tinjauan data dari 51 juta orang, termasuk 3,5 juta kasus kanker.


Temuan dari tinjauan terbaru ini sebagian besar konsisten dengan analisis sebelumnya yang dilakukan pada tahun 1997 dan 2007. Namun pedoman baru menawarkan gambaran yang paling jelas dan terkini tentang faktor-faktor gaya hidup yang mempengaruhi perkembangan kanker, kata Elisa Bandera, MD, anggota dari panel yang menyusun dan menulis laporan. Mereka juga menawarkan 10 cara konkret supaya orang-orang dapat mengurangi risiko pribadi mereka sendiri.

“Ini adalah konfirmasi dari apa yang sudah kita ketahui,” kata Dr. Bandera. “Dan itu penting, karena ini melibatkan pendekatan yang sangat teliti, melihat setiap titik bukti yang mungkin dan data kualitas terbaik yang kita miliki.” Sekitar satu dari enam kematian setiap tahun di seluruh dunia saat ini karena kanker, dan jumlah kasus ini diperkirakan akan meningkat 58% pada tahun 2035, karena semakin banyak negara meniru gaya hidup “Barat”.

Sementara laporan WCRF sebelumnya menemukan hubungan sebab akibat antara kelebihan berat badan atau obesitas dan tujuh kanker, laporan baru meningkatkan jumlah itu menjadi setidaknya 12: hati, ovarium, prostat lanjut, perut, mulut dan tenggorokan, kolorektal, payudara pasca-menopause, kandung empedu, kanker ginjal, esofagus, pankreas, dan uterus. WCRF bukan satu-satunya kelompok yang mengaitkan obesitas dan kanker. Sebuah laporan tahun 2016 oleh lembaga nirlaba lainnya, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, mengaitkan kelebihan berat badan dengan 13 jenis kanker.

Untuk mengurangi risiko kanker pribadi Anda, WCRF merekomendasikan 10 langkah berikut:

1. Pertahankan berat badan yang sehat

2. Lebih banyak berjalan daripada duduk

3. Makan lebih banyak biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan

4. Hindari makanan berkalori tinggi

5. Batasi konsumsi daging merah

6. Batasi konsumsi minuman manis

7. Jangan minum alkohol

8. Jangan mengandalkan suplemen untuk melindungi dari kanker

9. Menyusui bayi Anda selama enam bulan

10. Terus ikuti rekomendasi agensi setelah diagnosis kanker


Beberapa rekomendasi ini, seperti tidak meminum minuman yang dimaniskan dengan gula, akan melindungi Anda dari kanker karena membantu mencegah penambahan berat badan. Yang lain, seperti aktif secara fisik, juga terbukti memiliki efek protektif sendiri, terlepas dari pengendalian berat badan.

Membatasi alkohol adalah yang paling berpengaruh, kata penulis laporan tersebut, karena mabuk sangat terkait dengan peningkatan risiko enam kanker berbeda. Misalnya, dalam beberapa tahun terakhir, bahkan konsumsi alkohol yang rendah hingga sedang telah terbukti meningkatkan risiko kanker payudara.

Mengurangi asupan daging merah adalah hal penting lain yang dapat dilakukan orang-orang untuk mengurangi risiko kanker mereka, kata laporan itu. Para peneliti merekomendasikan tidak makan lebih dari tiga porsi dalam seminggu untuk daging sapi, babi, dan domba. Mereka juga merekomendasikan untuk makan “sangat sedikit daging olahan” —termasuk daging asap, sosis, dan daging makan siang yang dihangatkan — karena tinggi lemak dan garam, dan karena terbukti menyebabkan kanker usus.


Laporan itu juga tidak mendukung penggunaan vitamin dan suplemen untuk pencegahan kanker. “Beberapa jenis suplemen — seperti vitamin prenatal — sangat penting. Tetapi beberapa dipasarkan sebagai pencegahan kanker, dan tidak ada bukti bahwa suplemen benar-benar bekerja seperti itu,” kata Dr. Bandera.

Dalam beberapa kasus, katanya, suplemen bahkan bisa berbahaya bagi orang yang telah didiagnosis menderita kanker. “Mereka mengambil sesuatu yang mereka pikir akan membantu, tetapi sebenarnya itu bisa mengganggu perawatan mereka,” katanya.

Ketika orang-orang mengikuti semua 10 pedoman ini, Dr. Bandera mengatakan, diperkirakan mereka dapat mengurangi risiko kanker mereka sekitar 40%. Tetapi itu tidak berarti harus semuanya atau tidak sama sekali.

“Melakukan sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali,” katanya. “Terutama untuk sesuatu seperti aktivitas fisik, mungkin sulit untuk menyisihkan satu jam sehari untuk berolahraga. Penting bagi orang-orang untuk mengetahui bahwa jika Anda tidak dapat melakukan satu jam penuh, melakukan 10 menit di sini dan 10 menit di sana juga dapat membantu. Anda harus mulai dari suatu tempat.”

Beberapa outlet berita telah menangkap item daging merah dan alkohol dalam daftar WCRF, dengan tajuk utama tentang bagaimana membatasi “daging dan minuman keras” dapat memangkas risiko kanker Anda. Keduanya penting, kata Dr. Bandera, tetapi ia juga menekankan bahwa pendekatan terbaik adalah pendekatan multi-segi.

“Kami ingin mempromosikan serangkaian faktor gaya hidup holistik, daripada hanya berfokus pada satu nutrisi atau satu makanan,” katanya. Secara keseluruhan, ia menambahkan, pola makan sehat dan aktivitas fisik yang benar-benar akan membantu menurunkan tingkat kanker di seluruh dunia.

Sumber:health

Share

VIDEO POPULAR