Nyamuk dikenal sebagai perantara penyakit yang berbahaya. Misalnya membawa penyakit malaria, Demam Berdarah Dengue atau DBD  dan masih banyak lagi.

Nyamuk menjadi musuh kita di rumah. Sering nyamuk menjadi pengganggu saat tidur maupun beraktivitas di rumah. Upaya selalu menjaga kebersihan, meminimalisir genangan air, menutup bak air untuk pencegah lazim dilakukan.

Namun ada upaya lain yang cukup efektif untuk membuat nyamuk tak betah tinggal di rumah kita. Salah satu dengan cara menanam tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah. Lalu tanaman apa saja pengusir nyamuk itu?

Berikut 10 tanaman pengusir nyamuk alami yang bisa Anda terapkan di rumah.

  1. Zodia

Zodia merupakan tumbuhan endemik Indonesia yang telah dikenal luas oleh masyarakat Papua. Mereka biasa menggunakan tanaman ini untuk mengusir serangga dengan cara mengusapkan daun zodia ke seluruh tubuh.

Tanaman pengusir nyamuk dalam ruangan ini bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam rumah maupun di luar ruangan sebagai tanaman pengusir nyamuk terbaik. Tanaman ini mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai oleh serangga dan nyamuk.

  1. Selasih

Selasih dengan nama latin Ocimum basillicum disebut juga daun basil merupakan tanaman semak tahunan yang bisa Anda tanam di dalam ruangan.

Selain memperindah ruangan, keberadaan selasih juga membantu Anda untuk menghalau kawanan nyamuk yang berterbangan di dalam rumah Anda.

Selain ditanam di dalam ruangan, selasih juga bisa diletakkan di luar ruangan, baik di dekat pintu atau jendela.

  1. Marigold

Marigold merupakan jenis tanaman hias bunga yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Marigold di Indonesia lebih akrab dengan sebutan kenikir.

 Pada beberapa tempat, marigold juga disebut sebagai bunga tahi ayam dikarenakan mengeluarkan aroma yang tak begitu sedap, mirip tahi ayam.

Aroma tersebut ternyata tidak disukai oleh nyamuk sehingga marigold menjadi tanaman yang bisa mengusir nyamuk.

Bunga Marigold, atau yang sering disebut kenikir.
  1. Kecombrang

Kecombrang dikenal baik oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran bumbu masakan dikarenakan rasanya yang enak. Biasanya sebagai campuran bumbu sayur atau sup.

Selain dijadikan bahan makanan, kecombrang bisa juga digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aroma yang dimiliki oleh kecombrang terasa asam sehingga nyamuk akan menjauh dari rumah Anda.

Selain dijadikan bahan makanan, kecombrang bisa juga digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk.
  1. Geranium

Geranium lebih umum disebut dengan nama bunga tapak dara. Bunga dengan kelopak yang berbentuk cantik dan berwarna indah ini juga bisa ditanam di sekitar rumah Anda, semisal dinding luar dekat pintu.

Kehadiran geranium bisa mencegah gerombolan nyamuk menyelinap masuk ke dalam rumah Anda.

Bunga geranium atau yang lebih umum disebut bunga tapak dara.
  1. Serai dan Serai Wangi

Serai atau serai wangi adalah tanaman perdu yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan.

Tanaman serai wangi selain berguna untuk campuran bumbu masakan, ternyata juga mampu membuat nyamuk tak betah dari rumah dikarenakan mengandung sitronnellol dan geraniol yang banyak.

Kandungan tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.

  1. Suren

Suren adalah tanaman dari keluarga Meliaceae yang termasuk ke dalam tanaman tahunan. Suren sendiri merupakan tumbuhan berbentuk pohon yang pertumbuhannya tergolong cepat.

Daun kulit kayu pohon suren mempunyai aroma yang cukup tajam, biasa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk dan lalat.

Selain itu, kulit batang suren juga digunakan sebagai bahan mentah insektisida nabati yang sebetulnya tidak direkomendasikan karena bisa mengganggu pertumbuhan tanaman.

  1. Lavender

Baik pecinta tanaman ataupun bukan, pasti sudah tidak asing dengan bunga yang cantik ini. Lavender merupakan tanaman hias yang berguna untuk mengusir serangga penghisap darah bernama nyamuk yang bersemayam di rumah Anda.

Kehebatan lavender sendiri tidak perlu dibuktikan lagi sebab bunga lavender telah banyak dijadikan bahan utama untuk membuat lotion anti-nyamuk.

Bunga lavender yang ditanam dalam pot.
  1. Rosemary

Rosemary adalah tanaman yang tahan banting terhadap panas matahari, dapat tumbuh melalui pencangkokan, dan tahan dari penyakit juga hama.

Tanaman dengan bunga yang berwarna cantik ini bisa mengeluarkan aroma wangi yang dapat mengacaukan indera penciuman dan daya efektivitas radar nyamuk.

Dikarenakan bau yang cukup menyengat tersebut, tanaman ini bisa menjadi andalan untuk Anda yang sudah lama jengkel dengan keberadaaan nyamuk di dalam rumah. (oscar nugraha/rp)

Share

VIDEO POPULAR