Bldaily.id. Ketika dokter perlu mencari tahu bagian mana dari otak musisi jazz Musa Manzini yang digunakan untuk bermain, mereka memberinya gitar selama operasi otak.

Manzini, seorang musisi di Afrika Selatan, tetap terjaga selama operasi untuk mengangkat tumor otak awal bulan ini sehingga dokter di Rumah Sakit Pusat Inkosi Albert Luthuli di Durban dapat menjaga bagian otak yang dia butuhkan.

Sementara mereka dengan hati-hati memeriksa otak musisi itu untuk memastikan ia masih menggunakan kebutuhan keterampilan motorik halus untuk karirnya, Manzini memetik gitar kesayangannya.

“Keputusan untuk melakukan kraniotomi yang terjaga daripada yang dibius total dimotivasi oleh [kekhawatiran dokter] untuk melestarikan dan mengembalikan gerakan jari saya, dengan mempertimbangkan karir saya sebagai seorang musisi,” kata Manzini kepada IOL, sebuah situs berita Afrika Selatan.

Ini mungkin tampak aneh, tetapi sebenarnya ini adalah praktik yang cukup umum bagi dokter untuk membuat pasien mereka tetap terjaga dalam operasi ketika berhadapan dengan otak.

Kira Iaconetti yang berusia sembilan belas tahun bernyanyi melalui operasi otaknya di Rumah Sakit Seattle Children bulan lalu sehingga para dokter dapat memastikan bahwa mereka tidak merusak daerah-daerah otak yang penting bagi karir bernyanyi masa depannya.

Dalam kasus Manzini, ia mengakui operasi itu tidak nyaman, tetapi itu adalah harga yang kecil untuk dibayar untuk terus mengejar mimpinya.

Sumber:insideedition

Share

VIDEO POPULAR