Pertarungan kursi presiden di Pilpres 2019, berlanjut ke debat perdana Pilpres 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum ( KPU), Kamis (17/1/2019) malam ini.

Debat perdana ini akan menampilkan pasangan capres cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Bertempat di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, debat dimulai pukul 20.00 WIB. Masyarakat bisa menyaksikan langsung di empat lembaga penyiaran, yakni Kompas TV, TVRI, RTV dan RRI.

Tema debat perdana adalah tentang hukum, HAM, terorisme dan korupsi. Dipandu mantan jurnalis Ira Koesno dan jurnalis senior Imam Priyono. Tersedia waktu selama 89 menit 55 detik bagi kedua pasangan.

Rencananya debat akan dibagi ke dalam enam segmen. Segmen pertama, penyampaian visi-misi pasangan calon presiden dan wakil presiden. Segmen kedua dan ketiga adalah debat dengan metode pertanyaan terbuka. Segmen keempat dan kelima adalah debat dengan metode pertanyaan tertutup. Segmen ditutup dengan pernyataan penutup (closing statement).

Debat tetap mengacu  ketentuan debat pilpres yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Undang-Undang tersebut, melarang membahas persoalan seperti mempersoalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, bentuk NKRI, hingga membawa isu SARA.

Kedua pasangan dilarang membawa alat peraga sendiri. Para undangan juga diminta tidak mengenakan atribut kampanye yang provokatif.

KPU mengundang Presiden dan seluruh mantan wakil presiden. Undangan untuk mantan presiden RI seperti ke-3 B. J. Habibie, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (bgx)  

Share

VIDEO POPULAR