Bldaily.id. Mayoritas fosil dinosaurus hanya membanggakan tulang dan serpihan sisa-sisanya, membuat para ilmuwan berspekulasi bagaimana hewan-hewan ini terlihat jutaan tahun lalu.

Itu membuat penemuan oleh pekerja konstruksi, Shawn Funk ini, semakin mengesankan.

Funk, yang bekerja di negara asalnya di Kanada pada tahun 2011, menemukan fosil borealopelta, dinosaurus berusia 110 juta tahun yang dikategorikan lebih luas sebagai ankylosaurus.

Bagian yang benar-benar mengesankan dari temuan ini adalah itu bukan hanya tulang dinosaurus. Faktanya, struktur rangka tidak terlihat sama sekali – karena daging dan kulit dinosaurus itu masih utuh (meskipun membatu), dan bahkan masih memiliki pigmentasi untuk menunjukkan pada para ilmuwan seperti apa dinosaurus saat masih hidup!

Fosil yang tersisa dari borealopelta yang dipajang di museum Royal Tyrrell di Drumheller, Alberta, Kanada
©Wikimedia Commons

Dengan tubuh yang lebar, armor yang menyerupai skala menutupi punggungnya, dan ekor berduri, borealopelta itu sekitar 20 kaki panjangnya dari kepala ke ekor dan berat 1,5 ton, atau kira-kira sebesar gajah muda.

Funk telah menggali di bawah tanah di Northern Alberta ketika dia menyadari bahwa excavator yang dia gunakan telah memukul tekstur tanah yang berbeda.

Mengetahui daerah itu kaya akan fosil, Funk membiarkan atasannya tahu apa yang dia sadari. Tak lama, mereka memanggil Royal Tyrrell Museum untuk membantu penggalian.

Area yang digali itu pernah ada di bawah air, dan borealopelta kemungkinan tidak bisa berenang. Tidak jelas bagaimana persisnya, fosil yang diawetkan ini berhasil berakhir di dasar lautan saat itu, tetapi tebakannya adalah bahwa itu entah bagaimana tenggelam dan akhirnya tertutup oleh sedimen sebelum hiu prasejarah atau predator lainnya bisa sampai ke mayat. Seiring waktu, itu tetap terperangkap di bawah bebatuan, diawetkan tanpa cela sampai Funk dan krunya menemukannya.

Temuan itu baru-baru ini dirilis ke publik karena sumber daya yang membentang tipis meninggalkan museum untuk menawarkan hanya satu set tangan untuk perlahan-lahan menyeka batu yang mengelilingi dinosaurus, jadi butuh waktu lebih dari lima tahun untuk akhirnya menjadi sempurna digali.

Namun, temuan itu benar-benar tak ternilai. “Ini benar-benar membantu kami memvisualisasikan seperti apa dinosaurus aneh ini saat hidup,” kata Victoria Arbor dari Royal Ontario Museum di Toronto.

Sumber:videoasis

Share

VIDEO POPULAR