Oleh: Huang Guowei (PTT)

Pernah ada seorang pasien wanita datang berobat karena penyakit eksim, dalam konsultasi ditemukan, ternyata dia setiap bulan mengalami nyeri haid parah dan tingkatan nyerinya bisa sangat parah, selain perut terasa kencang-tegang, juga saking sakitnya sampai wajah pucat dan keringat bercucuran.

Saya bertanya, “Pernahkah Anda mencoba bertanya ke dokter untuk mengobati nyeri menstruasi tersebut?”

Pasien itu menjawab dengan ekspresi terkejut, “Adakah obat untuk nyeri haid?“

Saya berkata, “Tentu saja. Apakah Anda tidak tahu?”

Pasien berkata: “Bukankah nyeri haid hal yang normal?”

Saya berkata, “Bagaimana bisa? Siapa yang mengatakannya?”

Pasien mengatakan, “Ketika saya masih belia dan berobat ke dokter PBM (Pengobatan Barat Modern), dia mengatakan, itu adalah normal, dirinya pun merasa sakit ketika haid, abaikan saja, bersabar beberapa saat, lama kelamaan akan terbiasa.”

Oleh sebab itu pasien ini telah menderita nyeri menstruasi selama lebih dari 20 tahun. Sebenarnya dari sudut pandang PTT (Penyembuhan Tradisional Tiongkok), wanita yang sehat seharusnya tidak mengalami rasa sakit ketika haid, paling-paling hanya sedikit rasa nyeri.

Jika wanita mengalami rasa sakit saat menstruasi, maka harus sesegera mungkin mencari dokter PTT baru dapat melepaskan diri dari penyiksaan bulanan.

3 penyebab umum nyeri menstruasi dan cara pengobatannya.

Sebagian besar nyeri haid disebabkan oleh fibroid rahim atau endometriosis. Tentu saja, masih ada alasan lainnya, bahkan ada yang penyebabnya tidak diketahui, tetapi terapi PTT memberi tekanan pada perawatan dialektik.

Berikut ini adalah deskripsi singkat beberapa jenis sindrom umum dan metode perawatannya:  

  1. Darah dan Chi (atau Qi, energy vital) lemah.

Untuk kasus ini kebanyakan berwajah pucat, mudah lelah tanpa tenaga, bahkan ada yang sering merasa pusing. Menstruasinya umumnya datang terlambat atau berjumlah sedikit, nyeri haidnya tidak intens, tetapi dapat berlangsung selama beberapa hari.

Selama terapi pengobatan harus minum herbal PTT yang bermanfaat untuk pemulihan Qi dan darah, herbal yang biasa digunakan termasuk Danggui.

當歸 Tang-kuei atau Angelica sinensis, umumnya dikenal sebagai dong quai atau “ginseng betina” adalah ramuan dari keluarga Apiaceae, tumbuh di pegunungan dataran tinggi yang dingin di Tiongkok, Jepang dan Korea. (Wikipedia)

Shúdì, (熟地 herbal yang setelah diproses ala PTT yang berasal dari Radix rehmannia, akar tanaman dari genus Scrophulariae, juga dikenal sebagai Rehmannia glutinosa.

Dǎngshēn (黨參 Dangsam atau codonopsis pilosula, juga dikenal sebagai ginseng orang miskin, adalah spesies tanaman berbunga abadi dalam keluarga bellflower, berasal dari Asia, tumbuh di hutan, padang rumput dan semak belukar. (Wikipedia)

Nyeri haid yang disebabkan oleh Qi – darah lemah membutuhkan penggunaan herbal PTT seperti Tang-kuei (angelica sinensis), Shudi (rehmannia glutinosa) dan Dangshen (Codonopsis pilosula). (Shutterstock / Epoch Times)
  1. Depresi dapat berubah menjadi api di liver

Selama periode menstruasi, suasana hati berfluktuasi, sering marah dan mengeluh. Ketika nyeri haid lebih parah, disertai nyeri payudara, menstruasi dini atau terlalu banyak.  

Herbal PTT yang dibutuhkan untuk mengurai kegalauan hati disarankan menggunakan Chaihu (柴胡 Bupleuri Radix), Danpi (丹皮 Tree Peony Bark) dan Bohe (薄荷 Mentha, merupakan sebuah genus yang terbagi menjadi 25 spesies, biasanya ditanam di Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Amerika Utara. Cocok digunakan sebagai daun mint, khususnya sebagai makanan, minuman, pasta gigi, permen karet, dan permen. Wikipedia)

Nyeri menstruasi yang disebabkan oleh depresi membutuhkan penggunaan herbal PTT untuk menenangkan hati dan menghilangkan depresi, seperti Chaihu (Bupleuri Radix), Danpi (Tree Peony Bark) dan Bohe (Mentha). (Shutterstock/ Epoch Times)
  1. Nephron ginjal tidak memadai

Nyeri haid yang disebabkan oleh nephron ginjal yang tidak memadai, disertai dengan gejala lain ketika sakit, termasuk diare, sakit kepala, mual dan nyeri tubuh, merefleksikan nephron ginjal yang tidak memadai lantas menyebabkan masalah pada organ lain.  

Selama perawatan, Anda harus mengonsumsi Sangjisheng (桑寄生, Taxillus chinensis), Xuduan (續斷, Dipsacus adalah genus tanaman berbunga di keluarga Caprifoliaceae. dikenal sebagai teasel, teazel atau teazle. mencakup sekitar 15 spesies tanaman dua tahunan herba tinggi yang tumbuh hingga 1-2,5 meter, berasal dari Eropa, Asia dan Afrika Utara. Wikipedia) Gouqizi (枸杞子, Lycium chinense adalah salah satu dari dua spesies boxthorn di keluarga Solanaceae darimana goji berry atau wolfberry dipanen, yang lain adalah Lycium barbarum. Dua varietas diakui, L. chinense var. chinense dan L. chinense var. potaninii. Wikipedia) untuk mengokohkan jiwa primer dan sekaligus mengobati kondisi tidak nyaman lainnya pada saat haid.

Nyeri menstruasi yang disebabkan oleh nephron ginjal yang tidak memadai, untuk perawatan perlu minum ramuan herbal Sangjisheng (Taxillus chinensis), Xuduan (Dipsacus) dan Gouqizi (Lycium chinense) sekaligus mengokohkan jiwa primer. (Shutterstock / Epoch Times Kartografi)

Ada sindrom lain dalam praktik klinis yang memerlukan analisis klinis oleh sinshe PTT. Sejumlah wanita menemukan cara dengan memakai kantung air hangat selama nyeri haid dapat meredakan nyeri haid, dan oleh karena itu berpikir bahwa rahim mereka termasuk yang berunsur dingin.

Sebenarnya, cara diagnosis ini terlalu parsial. Pada kenyataannya, kantong air hangat hanya menyebarkan rasa sakit dengan suhu hangat. Hal itu memang dapat meredakan rasa sakit selama nyeri haid, tetapi tidak memiliki signifikansi diagnostik dan efek terapeutik.

Nyeri haid berbeda dari penyakit lain, perlu mengamati efek kuratifnya di saat siklus bulanan, itu sebabnya pengobatan nyeri haid umumnya harus dengan patokan 3 bulan sebagai 1 periode terapi.

Setelah efek tercapai, dosis herbal dapat dikurangi secara bertahap, dan akhirnya cukup mengkonsumsi herbal PTT sebagai perawatan kesehatan saja, maka penyakit itu tidak akan kambuh lagi. (epochtimes/huii/whs/rp)

 

Share

VIDEO POPULAR

Ad will display in 09 seconds