Bldaily.id. Anda mungkin telah mengetahui tren aneh mengambil alih internet baru-baru ini. Ini disebut “Tide Pod Challenge,” dimana Anda harus memakan deterjen.

Banyak orang, terutama remaja, telah menggigit sekantung deterjen dan merekam semuanya untuk diposting ke media sosial. Bahkan, “tantangan” ini telah menjadi sangat populer sehingga Tide dan Komisi Keamanan Produk Konsumen AS telah benar-benar mengeluarkan peringatan terhadapnya.

BuzzFeed melaporkan bahwa pusat kendali racun di seluruh negeri menangani 39 kasus orang berusia 13 hingga 19 tahun yang dengan sengaja mengonsumsi deterjen selama 2016. Hanya dalam dua minggu pertama 2018 saja, mereka telah menangani jumlah kasus yang sama.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda menggigit sekantong deterjen?

Jana L. Anderson, seorang dokter pengobatan darurat anak di Mayo Clinic mengatakan kepada BuzzFeed bahwa jawabannya tidak ada gunanya.

Pod deterjen, apa pun mereknya, tidak dibuat untuk konsumsi manusia. Bahan-bahan mereka bervariasi tergantung mereknya, tetapi Consumer Reports menulis bahwa sebagian besar “umumnya terdiri dari etanol, hidrogen peroksida, dan apa yang disebut oleh ahli kimia sebagai ‘polimer rantai panjang’ tetapi apa yang kita kenal sebagai sabun.” Deterjen juga sangat terkonsentrasi. Itulah yang membuat mereka sangat efektif dalam membersihkan pakaian Anda, dan sangat berbahaya untuk dikonsumsi.

Jika Anda menggigit sekantung deterjen, semua deterjen yang sangat terkonsentrasi itu akan meledak ke mulut Anda. Cairan itu sangat basa, dan pH “dapat menyebabkan iritasi langsung di mulut dan muntah,” kata Dr. Anderson. Itu juga tidak akan terasa enak. Sensasi kimia kemungkinan akan menyebabkan batuk dan tersedak.

Kebanyakan orang secara naluriah akan mengeluarkannya setelah menggigitnya, tetapi menelannya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih banyak lagi. Dr. Anderson mengatakan kepada BuzzFeed, “Bahan-bahan kimia itu dapat menyebabkan luka bakar di bagian belakang mulut dan di bawah esofagus,” begitu juga di lapisan perut Anda. Banyak orang akan langsung muntah.

Lalu ada kekhawatiran menghirup sebagian deterjen sambil menelan atau muntah. Ini bisa menyebabkan batuk, mengi, dan “gangguan pernapasan akut” cukup buruk sehingga mengharuskan Anda menggunakan ventilator, menurut BuzzFeed.

Jadi bisakah semua ini membunuhmu? Mungkin. Sebagian besar kematian karena makan deterjen terjadi pada anak-anak. Orang dewasa harus mengkonsumsi cukup banyak untuk benar-benar membunuh mereka. Namun, makan deterjen pasti dapat membuat Anda ke rumah sakit, kejang, atau bahkan koma. Deterjen bertindak cepat, menurut Consumer Reports, dan kematian darinya “cenderung relatif cepat.”

Lihat videonya untuk mempelajari lebih lanjut tentang tren baru yang berbahaya ini, dan silahkan SHARE informasi penting ini di Facebook.

Sumber:littlethings

Share

VIDEO POPULAR