Bldaily.id. Ketika saya masih kuliah, saya berbagi kamar dengan seorang gadis yang luar biasa. Kami menjadi teman baik, dan kami menghabiskan hampir semua waktu bersama.

Suatu hari, dia merasa kurang sehat, jadi dia pergi ke pusat kesehatan siswa kami. Mereka mengatakan bahwa dia baru saja sakit tenggorokan. Beberapa hari kemudian, dia tidak merasa lebih baik.

Saya melihat ke tenggorokannya, dan amandelnya sangat bengkak sehingga kami mulai mencari tahu apa yang mungkin salah: radang amandel, kanker amandel, batu amandel?

Untungnya, dia mengalami abses (bengkak bernanah) yang mudah diobati, tetapi sebagai hasilnya, saya cukup terperangkap dengan satu pertanyaan: Apa sebenarnya batu amandel itu?

Pernahkah Anda mendengar tentang batu amandel? Mereka tidak seperti batu ginjal atau batu empedu, dan mereka terbentuk di amandel di bagian belakang tenggorokan Anda.

 

“Secara formal dikenal sebagai tonsilloliths, batu-batu itu terdiri dari lendir, sel-sel mati dan sisa-sisa lainnya yang terkumpul di dalam kantong amandel dan secara bertahap mengembun menjadi gumpalan kecil berwarna terang,” jelas The New York Times.

Batu amandel dapat menyebabkan sejumlah gejala, termasuk bau mulut, sakit tenggorokan, kesulitan menelan, dan bahkan sakit telinga. Meskipun beberapa tidak memerlukan perawatan sama sekali, yang lain mungkin perlu dihilangkan secara operasi.

Tonton video di atas untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang menyebabkan batu amandel – dan bagaimana cara mengetahui jika Anda memilikinya!

Sumber:littlethings

Share

VIDEO POPULAR