Bldaily.id. Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember 2018 akan segera tiba. Pesta belanja online itu tahun ini melibatkan 300an pelaku e-commerce, tak terkecuali produk lokal.

Menurut Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan di Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018), antusiasme masyarakat kian meningkat, oleh karenanya  Harbolnas tahun 2018 diyakini mampu mencapai target Rp 7 triliun.  

Dari angka Rp 7 triliun itu, Rp 1 triliunnya berasal dari penjualan produk-produk lokal. Soal jumlah transaksi, gelaran Harbolnas tahun ini ditargetkan meningkat lima kali lipat lebih tinggi daripada hari biasa.

Dibanding 6 tahun gelaran Harbolnas sebelumnya, Harbolnas tahun ini diyakini sebagai tahun terbesar gelaran pesta belanja online itu.

Menurut Yonathan, ratusan e-commerce terbagi menjadi beberapa kategori. Selain marketplace ada pula elektronik, fesyen dan kecantikan, makanan dan minuman, groceries, perjalanan atau travel, furnitur, jasa, otomotif, serta ibu dan anak.

Dalam gelaran ketujuhnya kali ini, Harbolnas didukung oleh tiga kementerian yakni Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, menyatakan Indonesia mempunyai potensi besar dalam industri digital.

“Hal ini karena Indonesia menjadi tempat dengan pertumbuhan internet dan ekonomi yang cepat jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga,” kata Airlangga seperti dikutip dari keterangan pers, Rabu (5/12/2018). (bgx)

Share

VIDEO POPULAR